Inovasi Sistem Pelayanan Publik Aplikasi Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang

  • Annisa Zulfa Rohadatul Program Studi Ilmu Pemerintah, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Adie Dwiyanto Nurlukman Program Studi Ilmu Pemerintah, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Arif Ginanjar Suryatman Program Studi Ilmu Pemerintah, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Toddy Aditya Program Studi Ilmu Pemerintah, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Abstract views: 906 , PDF downloads: 818
Keywords: Innovation, Information Systems, Public Service, E-Service, Service

Abstract

The existence of information systems in the industrial era 4.0 is important in an effort to realize the quality of government administration. Therefore, the disdukcapil together with diskominfo work together to innovate the public service system. The purpose of this study is to find out what are the service system innovations provided to the people of Tangerang City. Using qualitative methods, it means that the data collected comes from direct observation, documentation with a qualitative descriptive type of research. Through observation to describe and know directly related to the innovation of the public service system of the tangerang city population and civil registration service on the application of sobat dukcapil. The results of the research show that the system in terms of the quality of e-service services is still less than feasible, because of the internal factors of the agency which are still not responsive and external factors the community is still not familiar with e-service.

Keberadaan sistem informasi di era industry 4.0 menjadi hal penting dalam upaya mewujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu pihak disdukcapil bersama diskominfo bekerjasama membuat inovasi sistem pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja inovasi sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kota tangerang. Dengan menggunakan metode kualitatif, maknanya data yang dikumpulkan berasal dari observasi secara langsung, dokumentasi dengan tipe penelitan deskriptif kualitatif. Melalui observasi untuk menggambarkan dan mengetahui secara langsung terkait inovasi sistem pelayanan publik dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota tangerang pada aplikasi sobat dukcapil. Hasil penlitian menunjukkan bahwa sistem dari segi kualitas pelayanan e-service masih kurang dari kata layak, karena dari faktor internal instansi tersebut yang masih kurang responsive dan faktor eksternal masyarakat yang masih belum paham dengan pelayanan e-service.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaan, Y. (2016). 115502-ID-none.pdf. https://media.neliti.com/media/publications/115502-ID-none.pdf

Al-Momani, K., & Mohd Noor, N. A. (2009). E-service quality, ease of use, usability and enjoyment as antecedents of e-CRM performance: An empirical investigation in Jordan mobile phone services. The Asian Journal of Technology Management, 2(2), 50–64.

Buchari, R. A. (2016). Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Sosiohumaniora, 18(3), 225–230.

Cahyadi, R. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569–586.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches | John W. Creswell | download. https://id.id1lib.org/book/2457219/221a74?dsource=recommend

Dhevina E. (2018). E- Government: Inovasi dalam Strategi Komunikasi | Sekretariat Negara. https://www.setneg.go.id/baca/index/e_government_inovasi_dalam_strategi_komunikasi

Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2012). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Reformasi, 3(1).

Fajriati. (2021, April 29). Pentingnya Inovasi dalam Pelayanan Publik di Daerah pada Dimensi Administrasi Publik—Cindy Elik Fajriati. Administrasi Publik. https://ap.uinsgd.ac.id/pentingnya-inovasi-dalam-pelayanan-publik-di-daerah-pada-dimensi-administrasi-publik/

Febryan, D., Erviantono, T., & Winaya, I. K. (2016). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Bogor). Citizen Charter, 1(1), 165319.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/31787

Hasan, M. M. (2015). E-government service research development: A literature review. Public Affairs and Administration: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications, 538–568.

Kasmedi, L. V. (2022). Pelayanan Publik Secara Online Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Pekanbaru Melalui Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman [Diploma, Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/11211/

Muallidin, I. (2015). Konsep, Kerangka Pikir & Nilai E-Government & E-Service. Yogyakarta.

Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(01), 39–47.

Ombudsman RI. (2021). Inovasi Pelayanan Publik di Era Digital. https://ombudsman.go.id:443/artikel/r/pwkinternal--inovasi-pelayanan-publik-di-era-digital

Pratama, B. (2015). Pratinjau Aspek Hukum Perlindungan Data Privasi. Business Law. https://business-law.binus.ac.id/2015/02/28/pratinjau-aspek-hukum-perlindungan-data-privasi/

Purnamasari, R., & Haskara, M. R. P. (2021). Inovasi Teknologi dalam Perubahan Pelayanan Publik Perkotaan. Jurnal Studi Inovasi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i1.8

Putra. (2020). Berita—Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik

Rahmaini, P. (2021). Penerapan Prinsip E-Government sebagai Wujud Inovasi Pelayanan Publik di Era Modern Tahun 202. 1, 6.

Randi. (2020). Bagaimana Perusahaan Digital Antisipasi Isu Keamanan dan Privasi Data | DailySocial.id. https://dailysocial.id/post/tips-keamanan-dan-privasi-data-ricky-setiadi

Rosmiati, M. (2015). Analisis Dan Perancangan E-Service Untuk Pelanggan Pada Jaya Bersama Konveksi.

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2021). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun purwakarta. K I N E R J A, 9.

Shabrina, F., Yusuf, R. R., Laksana, L. U. A., Wahyuni, S., & Apriyanti, S. (2018). Pelayanan Prima: Pedoman Penerapan Momen Kritis Pelayanan dari A sampai Z. UGM PRESS.

Sharma, V., & Seth, P. (2011). Effective public private partnership through E-governance facilitation. Computer & Communications Sciences, 34(1), 15–25.

Tangerangkota. (2021). Aplikasi Sobat Dukcapil Mudahkan Layanan Kependudukan di Kota Tangerang. https://tangerangkota.go.id/berita/detail/29035/aplikasi-sobat-dukcapil-mudahkan-layanan-kependudukan-di-kota-tangerang

Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.156

Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217–227.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Simon and Schuster.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: A critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362–375.

Published
2023-06-12
How to Cite
Annisa Zulfa Rohadatul, Nurlukman, A. D., Arif Ginanjar Suryatman, & Toddy Aditya. (2023). Inovasi Sistem Pelayanan Publik Aplikasi Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang . Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 11(1), 56-68. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v11i1.141